Gudeg Mercon Bu Tinah

Gudeg mercon Bu Tinah memberikan inovasi baru pada kuliner tradisional khas Jogja tersebut selain beli bakpia tentunya. Pasalnya, gudeg umumnya memiliki cita rasa yang cenderung manis dengan kuah santan kental yang gurih.

Namun, gudeg yang akan Anda temukan di sini sedikit berbeda. Sesuai namanya, gudeg mercon menandakan bahwa cita rasa paling dominan di gudeg ini adalah pedas yang ekstra dari oseng-oseng kreceknya.

Lapak Bu Tinah berupa sebuah tenda pinggir trotoar yang berada di daerah Jetis, Yogyakarta. Tepatnya berada di Jalan Asem Gede No. 8, Cokrodiningratan.

Pedasnya Gudeg Menembus Dinginnya Malam

menu pedas gudeg mercon bu tinah
menu pedas gudeg mercon bu tinah

Gudeg mercon Bu Tinah menjadi lapak kuliner yang buka pada malam hari mulai dari pukul 21.00-03.00 WIB. Namun, biasanya gudeg akan habis sebelum dini hari sehingga konsumen harus datang lebih awal agar bisa kebagian. Para pembeli khususnya pecinta rasa pedas selalu memadati tenda Bu Tinah yang berada tepat di pinggir jalan.

Menu yang disediakan cukup bervariatif mulai dari tahu, tempe, sate, telur, dan daging ayam. Meski tendanya tidak terlalu besar, namun telah disediakan alas-alas tikar di samping tenda bagi konsumen yang makan di tempat.

Baca juga: Harga Bakpia Pathok 25

Penerangan di lapak gudeg ini memang terbilang minim sehingga lebih mengandalkan lampu penerang jalan yang berada di sekitar lokasi jualan.

Gudeg yang dijajakan oleh Bu Tinah ini dirintis sejak tahun 1992 silam. Saat ini Bu Tinah sudah tidak terlihat jualan lagi. Namun, lapaknya diteruskan oleh putrinya yaitu Ibu Parni. Pembeli yang datang masih bisa sedikit bernostalgia dengan sosok Bu Tinah karena fotonya masih jelas terpampang di spanduk tenda.

Terlihat sosok perempuan cantik yang menggunakan kebaya lengkap dengan sanggulnya. Pemilik lapak yang bernama lengkap Bu Ngatinah ini tercetus ide membuat gudeg pedas bukanlah tanpa alasan.

Gudeg dengan dominan rasa pedas dibandingkan manis ini adalah inovasi agar masyarakat yang tidak menyukai masakan manis dapat menikmatinya. Inovasi ini menjadi sebuah keunggulan tersendiri bagi para pecinta kuliner.

Harga Gudeg Mercon Bu Tinah

harga gudeg mercon bu tinah
harga gudeg mercon bu tinah (makanjogja.com)

Sebagaimana kuliner gudeg lainnya, menu gudeg di sini juga memiliki varian yang beragam. Harganya cukup terjangkau mulai dari Rp 15.000 rupiah.

Semua varian paket yang tersedia tetap didampingi dengan oseng-oseng mercon yang menjadi andalan di tempat ini. Oseng mercon di sini adalah olahan krecek atau krupuk kulit sapi yang diolah dengan bumbu cabe cukup banyak.

Alhasil, terciptalah nasi gudeg dengan kuah kental gurih yang dilengkapi oseng mercon super pedas.

Berikut ini tabel varian paket gudeg mercon di lapak Bu Ngatinah:

No Paket Gudeg Harga
1 Nasi + Telur + Oseng Mercon Rp 15.000
2 Nasi + Telur + 2 Ceker + Oseng Mercon + Teh Manis Hangat Rp 23.000,-
Lauk Tambahan
1 Bakwan/Gorengan Tempe/Martabak Telur Rp 1.000,-/biji
2 Sate Ayam Rp 5.000,-/biji
3 Ceker Ayam Rp 2.000,-/biji
4 Ayam Suwir Rp 8.000,-

Gudeg Mercon Bu Tinah dapat menjadi alternatif kuliner malam bagi para pemuda yang begadang. Saat lapar melanda, lapak ini selalu siap sedia memenuhi nafsu makan Anda.

Meski menikmati hidangan di trotoar dengan hanya beralas tikar, namun lezatnya gudeg dan hangatnya kebersamaan akan menemani makan malam Anda.

Bersiap-siaplah untuk merasakan sensasi pedas yang sangat menggigit di setiap suapan. Lapak gudeg bu Tinah menjadi pilihan terbaik untuk makan enak gak pake mahal.

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
(1 Penggemar Bakpia, 5.00 / 5)
Loading...

Leave a Comment