Info Gudeg Wijilan yang Legendaris

Gudeg Wijilan merupakan kuliner tradisional Jogja yang dijajakan di kawasan Wijilan. Lokasinya berada di sebelah Utara Alun-alun Jogja.

Kampung Wijilan ini ditandai dengan sebuah gapura yang lebih dikenal dengan sebutan Plengkung Tarunasura atau Plengkung Wijilan. Terdapat beberapa warung gudeg terkenal yang berada di kampung ini. So, tidak heran jika kuliner khas Jogja tersebut diberi istilah gudeg Wijilan.

Aneka Variasi Menu di Godeg Wijilan

menu gudeg wijilan
menu gudeg wijilan (visitingjogja.com)

Gudeg Wijilan merupakan salah satu objek yang menjual jenis gudeng kering. Baik gudeg basah berkuah maupun kering masing-masing memiliki cita rasa yang khas dan tetap menggugah selera.

Cara pengolahan serta bumbu yang digunakan pun tak ada bedanya. Hanya saja, kuah akan dipanaskan di atas tungku api hingga kering dan mengental.

Salah satu keunggulan dari gudeg kering ini adalah lebih tahan lama hingga kurang lebih 3 hari. Cocok juga untuk oleh-oleh para wisatawan yang ingin membawa pulang gudeg khas Jogja ke rumahnya.

Sejarah gudeg kering yang berada di kampung Wijilan ini cukup panjang. Awalnya pada tahun 1942, berdirilah sebuah warung Gudeg Ibu Slamet yang masih exis hingga sekarang.

Beberapa tahun kemudian, muncullah dua warung gudeg baru yaitu gudeg Ibu Djuwairiyah dan gudeg Campur Sari. Gudeg Ibu Djuwairiyah inilah yang sekarang lebih dikenal dengan istilah gudeg Yu Djum yang melegenda di kota Jogja.

Tahun 1980, sangat disayangkan sekali karena warung gudeg Campur Sari ditutup karena alasan tertentu. Satu lagi warung gudeg yang berusia cukup lama yaitu Warung Bu Lies yang buka tahun 1990.

Namun beberapa tahun terakhir, sudah menjamur lapak-lapak baru yang menjajakan gudeng dengan varian beragam.

Harga per porsi yang ada di warung gudeg daerah Wijilan sangat bervariasi. Selain dari kombinasi menu dan lauk pauknya, kemasan yang digunakan juga sangat mempengaruhi harga.

Harga Gudeg Wijilan

harga gudeg wijilan
harga gudeg wijilan (medium)

Tersedia mulai dari paket hemat Rp 5.000,- hingga yang dibandrol Rp 100.000,-. Besarnya varian lauk per porsi biasanya akan tergantung dari pesanan pembeli. Harganya lebih bervariasi dibanding harga bakpia pathok 25.

Berikut kutipan variasi paket gudeg yang ada di kampung Wijilan:

No Paket Gudeg Harga
1 Nasi + Tahu/Tempe + Telur ( Paket Hemat) Rp 5.000,-
2 Nasi + Sayur Gudeg + Krecek + Tahu/ Tempe Rp 8.000,-
3 Nasi + Sayur Gudeg + Krecek + Telor Rp 10.000,-
4 Nasi + Sayur Gudeg + Krecek + Ati Ampela Rp 18.000,-
5 Nasi + Sayur Gudeg + Krecek + Kepala Rp 18.000,-
6 Nasi + Sayur Gudeg + Krecek + Paha bawah Rp 18.000,-
7 Nasi + Sayur Gudeg + Krecek + Dada/Sayap Rp 30.000,-
8 Nasi + Sayur Gudeg + Krecek + Paha atas Rp 28.000,-
9 Nasi + Sayur Gudeg + Krecek + Telor + Tahu/Tempe + Ayam + Ati Rp 45.000
10 Nasi + Sayur Gudeg + Krecek + Telor + Tahu/Tempe + Ayam Rp 35.000

Gudeg Wijilan sangat rekomended dan menjadi alternativ selain beli bakpia. Terutama bagi Anda yang lebih menyukai kuliner gudeg dengan tekstur kering. Ketahanan masakan yang cukup lama ini bisa menjadi buah tangan khas Jogja untuk teman atau saudara yang berada di luar kota.

Bungkus gudeg yang menarik dan unik bisa Anda pilih. Mulai dari wadah besek atau anyaman bambu hingga wadah guci dari bahan tanah liat yang dibakar.

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
(1 Penggemar Bakpia, 5.00 / 5)
Loading...

Leave a Comment